Pesona Wisata Pantai Kolo

Ngguwu Mbojo,- “Tak kenal Pantai Kolo, tak kenal Kota Bima” begitulah ungkapan dari beberapa warga Bima yang sempat berwisata di Pantai Kolo. Sesungguhnya seindah apa sich pantai Kolo itu? Hal inilah yang membuat sebagian warga Kota dan Kabupaten Bima penasaran dan berjubel-jubel ke Pantai Kolo beberapa bulan terakhir ini.
Memang nyatanya, Pantai Kolo menyimpan sejuta rasa. Pemandangan alamnya Indah, deburan ombaknya menggoda, gulungan beruntun ombak di pesisir pantai itu memacu adrenalin, setiap insan penikmat ‘bibir pantai’. Tetapi, jika mengunjungi Kolo, anda sebaiknya memahami peta wisatanya agar memahami tujuan anda ber-Wisata ke Pantai Kolo yang belum tertata dengan baik saat ini oleh pemerintah maupun Investor (sementara ini).
Sepanjang jalan menuju Kolo, anda akan menikmati pesona alam dengan aspal mulus menyisir sepanjang pantai. Sejak dari pendakian Ule ke utara, pesona alam bagian utara Kota Bima meninggalkan kesan. Sejauh mata memandang kearah barat, biru laut membentang memanjakan mata, dari bukit sebelah kanan jalur dan disebarang terdapat Pulau Kambing yang berdiri sendiri serta jejeran bukit dan pegunungan Soromandi serta Donggo yang begitu elok bagi siapapun penikmat alam pegunungan sekaligus laut dan pantai.

Namun, anda harus berhati-hati, karena ada tanjakan menukik dan menantang sebelum areal PLTU Bonto dan ujung lingkungan Bonto. Bagi kalangan Pencinta wisata Adventure, Pantai yang membentang sepanjang Ule hingga Kolo adalah ‘Surga’ yang menawan. Namun lagi-lagi, kawasan sepanjang pantai ini belum begitu digarap dan dikelola oleh pemerintah, meskipun dalam seminggu tidak kurang dari 1.000 hingga 2.000 pelancong memadati jalur aspal Hotmix menuju Pantai Kolo.  Pantai Kolo lebih indah dan lebih amoy bila ditata dan dikelola dengan baik dan benar.

Salah satu Pantai Eksotik di Kota Bima selain Amahami, Lawata, Ni’u dan Ule,adalah Pantai Kolo. (Rangga/Ardi)

Berikut beberapa foto pantai Kolo.
Terlihat para pengunjung yang sedang menikmati keindahan pantai Kolo

Bulu Babi yang bersandar di batu karang


Batu karang di sekitar pantai


Binatang laut pantai Kolo yang sangat unik


Bunga laut di Pantai Kolo


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment