Mecidana Production Kenalkan Bima Lewat Film

Saat itu sebelum berkembangnya teknologi informasi, kita hanya mengenal suatu daerah dari mulut ke mulut dan koran saja. Namun setelah munculnya era virtual, dengan mudah kita memperoleh informasi tentang suatu daerah yang ingin dikunjungi. Masing-masing diantara kita memiliki cara tersendiri untuk mengenalkan potensi daerah pada khalayak ramai. Ada yang mengenalkan melalui akun sosial media seperti Facebook, twitter, Watsap dll. Tetapi kebanyakan menggunakan blog atau website sebagai media promosi. 
 
Nah beda halnya dengan MECIDANA PRODUCTION, mereka mengenalkan Bima melalui Film. Mecidana Production yang bermarkas di Gilipanda Kelurahan Sarae ini merupakan rumah produksi film, rekaman dll. Ari Ipan (Pendiri Mecidana Production) bersama timnya sejak 2015 hingga 2016 ini telah merilis beberapa film dengan latar belakang sejarah dan budaya. Salah satu filmnya yang terkenal adalah MBANGI MBOJO (Kesatria Bima), dan pada agustus 2015 mendapat apresiasi dari Festival Film Award. 
Dalam film tersebut tidak hanya menceritakan tentang sejarah para Pendekar Bima, namun ada banyak unsur di dalamnya. Antara lain tradisi, adat, budaya suku Sambori dan juga potensi wisata alam seperti air terjun serta kekayaan Bima lainnya. Film Mbangi Mbojo terbagi pada beberapa episode. Dan 2016 ini mereka sedang mengerjakan episode ke 3. 

Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan film ini tidaklah sedikit. Untuk dua episode sebelumnya saja, kami merogoh kocek lebih kurang 10 jt. Mulai dari biaya operasional hingga proses produksi dan finishing. Untungnya krew dan para pemain berbaik hati bekerja secara sukarela. Ini semua kami lakukan untuk mengembangkan bakat generasi muda Bima di dunia ekting. Dan karya ini juga adalah bentuk upaya nyata kami mengenalkan kekayaan alam Bima. Ungkapnya. 

Meskipun hingga hari ini belum mendapat sponsor dari pihak pemerintah maupun swasta, kami tetap semangat berkarya untuk generasi muda dan daerah Bima secara keseluruhan. Selain itu kami berharap lewat film-film selanjutnya dapat menciptakan perdamain antara sesama di daerah tercinta. Tambahnya. 
Ikut mempromosi dan mengenalkan potensi daerah sendiri pada wisatawan domestik maupun internasional merupakan langkah kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah. Tanpa adanya kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah, maka pembangunan suatu daerah akan lamban dan bahkan berjalan di tempat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment