Tradisi Unik Penyambutan Tamu di Desa Adat Sambori



Tradisi penyambutan tamu banyak kita temukan di berbagai daerah belahan nusantara ini, terutama masyarakat yang masih menjaga tradisi turun temurun. Itu bisa ditemukan di desa-desa dan perkampungan adat. Adapun cara atau tradisi penyambutan tamu di desa adat umumnya dilakukan dengan nyanyian dan tarian serta beberapa atraksi yang disesuaikan pula dengan kelas tamu yang datang.


Di Bima sendiri baik Kota maupun Kabupaten dalam penyambutan tamu umumnya dilakukan dengan tarian dan penaburan Bongi Monca (Berasa Kuning). Berbeda dengan daerah lain, di desa adat Sambori sendiri dilakukan dengan cara yang terbilang unik. Terlebih dahulu mereka menahan tamu atau pengunjung yang hendak masuk di wilayahnya dengan menggunakan sepotong bambu yang berukuran selebar jalan yang akan dilalui oleh tamu tersebut. Tradisi ini mereka namakan Tapa Gala (Menahan dengan Bambu).

Belum selesai sampai disitu, setelah ditahan dengan menggunakan sepotong bambu tersebut, giliran tetua adat atau orang yang dipercaya mengambil sebilah parang dan diberikan kepada ketua rombongan atau yang mewakili. Parang tersebut untuk memotong palang bambu. Setelah melakukan prosesing ritual itu, barulah tamu bisa memasuki desa adat tersebut.

Dalam prosesi pernikahan juga Tapa Gala dilakukan ketika rombongan calon pengantin pria memasuki Sambori. Tetua adat dan keluarga calon pengantin wanita menahan para Tamu dengan membentangkan Bambu untuk dipotong. Sebelum pemotongan bambu, dua belah pihak sambil melempar pantun yang memikat. Selanjutnya Bambu dipotong oleh ketua rombongan untuk memasuki tempat Jambuta (Pesta).

Tradisi Tapa Gala bagi masyarakat Sambori dimaksudkan sebagai sebuah penghormatan kepada tamu untuk memotong dan menebas segala halangan rintangan yang terjadi selama berkunjung di Sambori. Tapa Gala juga sebagai symbol kebersamaan antara pendatang dengan warga Sambori.

Sumber: AlanMalingi.worpres.com

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment