BENHUR MBOJO DENGAN BEN HUR LAW WALLACE

                

Sudah lazim dikenal, bahwa Ben Hur merupakan kendaraan berkuda tradisional masyarakat Bima. Nama Benhur sendiri sudah cukup melekat dalam ingatan setiap orang Bima. Di Lombok, kendaraan serupa bernama Cidomo, sedangkan di daerah Jawa disebut Delman atau Bendi. Saat ini di Kota Bima, Benhur masih menjadi transportasi pilihan bg sebagian kalangan. Selain dinilai ramah lingkungan, murah, unik, santai dan bisa menampung sekitar 6 orang untuk satu baknya. Di wilayah Kota Bima, Ben Hur begitu ramai dijumpai di jalan-jalan arteri dari dan ke kawasan pasar ikan, pelabuhan, lintas Gajah Mada, dan lintas selatan. Sedangkan di wilayah Kabupaten Bima, Ben Hur masih diyakini sbg transportasi unggulan di semua kecamatan.

Akan tetapi, tahukah Anda dari mana asal muasal istilah "Ben Hur" ini bermula?

Berikut ulasan ringan Fitua yang disadur dari berbagai sumber;

Ben Hur. Merupakan sebuah Novel karya Lew Wallace (1827-1905) yang berjudul "Ben-Hur: A Tale of Kristus". Novel ini diterbitkan pada tahun 1880. Film ini berkisah tentang kehidupan Judah Ben-Hur di awal abad ke-1. Ben-Hur adalah seorang pangeran Yahudi yang kaya raya. Suatu ketika, Ben-Hur mendengar kabar bahwa sahabat masa kecilnya yang bernama Messala menjadi komandan garnisun di Yerusalem tempat Ben-Hur tinggal. Sayangnya perpisahan yang cukup lama telah mengubah Messala menjadi orang yang bengis dan kejam. Dalam waktu singkat pun persahabatan ini berubah menjadi permusuhan dan Ben-Hur serta keluarganya harus mendekam di dalam penjara tentara Romawi.



Dalam perkembangannya, Novel Ben Hur ini kemudian diadaptasikan dalam bentuk film:

* Ben-Hur (1907 film) , satu-kumparan diam versi
* Ben-Hur (1925 film) , sebuah film bisu MGM bintangi Ramón Novarro
* Ben-Hur (1959 film) , sebuah film MGM suara bintangi Charlton Heston yang memenangkan 11 Academy Awards
* Ben-Hur (2003 film) , sebuah animasi direct-to-video film dengan suara Charlton Heston
* Ben-Hur (play) , yang bermain Broadway

Istilah Ben Hur pun di kenal pula sebagai:

* Ben Hur, California, sebuah komunitas di unincorporated Mariposa County, California
* Ben Hur, Texas , a town Ben Hur, Texas, sebuah kota
* Ben Hur, Virginia, sebuah unincorporated masyarakat di Lee County, Virginia

Bahkan muncul sebagai:

* Klub Sportivo Ben Hur, sebuah rantai dari klub olahraga di Argentina
* Ben Hur (automobile), sebuah awal mobil
* Ben Hur trailer, nama panggilan untuk WWII G-518 Satu Ton Army trailer

@ FILM TERHEBOH SEPANJANG SEJARAH

Dalam sejarah 80 kali penyelenggaraan Oscar, ada beberapa film yang tercatat meraih penghargaan terbanyak di tahun yang sama. Dari tiga film yang berhasil mendapat 11 piala Oscar, BEN-HUR adalah yang pertama kali mendapat kehormatan memecahkan rekor ini di tahun 1960.

Pada pesta Oscar yang digelar pada tanggal 4 April 1960 itu film hasil arahan sutradara William Wyler ini berhasil merebut semua kategori paling bergengsi tahun itu. Setidaknya di antara 11 piala yang diboyong ada award untuk kategori Film Terbaik, Penyutradaraan Terbaik, Aktor Utama Terbaik, Aktor Peran Pendukung Terbaik.

BEN-HUR sendiri sempat tercatat sebagai film dengan biaya produksi yang sangat tinggi. Untuk menghasilkan film ini, sang sutradara membangun 300 lokasi pengambilan gambar yang menyita ruang sekitar 1,4 km per segi. MGM sendiri sempat mengambil resiko tinggi dengan mengucurkan dana US$15 juta untuk biaya pembuatan film ini. Untungnya performa box office film ini tak mengecewakan dan malah menyelamatkan MGM dari kebangkrutan.

Sampai saat ini, rekor piala Oscar film ini hanya tertandingi oleh film TITANIC (1997) yang berhasil meraih 11 Oscar dari 14 nominasi dan THE LORD OF THE RINGS: THE RETURN OF THE KING (2003) yang berhasil memboyong 11 piala dari 11 nominasi.

@ BEN HUR MBOJO VIS A VIS BEN HUR FILM


Bagi para penikmat film box office, penyebutan istilah Benhur tidak serta merta menggiring mereka utk mengingat Bima. Karena secara global, Ben Hur lebih dikenal sebagai Film Heroik yang mengisahkan Sang Judah dengan kendaraan berkuda. Kemungkinan besar, istilah Ben Hur teradopsi pertama kali oleh para residen Belanda yang bertugas di Bima kala itu, dengan melihat kendaraan berkuda yang ada di Bima mengingatkan mereka pada kisah Judais Ben Hur tersebut. Lew Wallace pun tak pernah berpikir bahwa suatu ketika novelnya telah meng-inspirasikan orang Bima utk menamai kendaraan mereka dengan Ben Hur. Uniknya, penamaan Ben Hur justru tidak menular ke kawasan lain yang juga melestarikan kendaraan kuda tradisional ini.

Inilah Bima dengan secuil keunikannya...

(Fitua sendiri mengetahui ini pertama kali pada tahun 2002 dari Buku Islam And Identity In Eastern Indonesia tulisan Prof. Dr. Michael Hitchcock)

Dzul Amirul Haq
(http://fitua.blogspot.com/2009/07/benhur-mbojo-dengan-ben-hur-law-wallace.html)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment