Untuk Membiayai Sekolah, Andre Berjibaku Dengan Lautan


Terkadang memancing adalah hal yang membosankan bagi banyak orang, namun beberapa orang juga menyukai kegiatan memancing. Ada yang menjadikan kegiatan memancing sebagai hobi tersendiri dan ada pula yang menjadikan kegiatan memancing sebagai salah satu pekerjaan untuk menambah uang jajan. 
Bagi banyak orang terkadang kegiatan memancing membosankan, apalagi kegiatan memancing dijadikan pekerjaan utama, namun tidak bagi Andre (11) asal Kelurahan Kolo Kota Bima ini. Ia sangat pintar memanfaatkan waktunya untuk memancing, dan kegiatan ini ia manfaatkan untuk menambah uang jajan dan keperluan sekolah. 

Lonceng berbunyi untuk menandakan waktu pulang sekolah, Andre (11) segera bergegas pulang kerumah. sesampai dirumah, andre mempelajari kembali materi yang diajarkan oleh gurunya disekolah sambil menyantap makanan yang disediakan orang tuanya.

Selesai belajar, Andre menyiapkan alat pancingan beserta umpan untuk memancing, selesai meyiapkan alat pancing, iapun bergegas menuju tepi laut. tidak banyak kata, Andre langsung menaiki sampan kecil dan mengayun menuju kapal yang nyandar ditepi laut. Iapun memasang umpan dan melempar pancingannya ke laut.

Matahari hampir hilang dari tatapannya dan iapun segera mengumpulkan alat-alat dan beberapa ikan yang berhasil ia dapat, untuk menuju tepi laut, andre harus mengayun sampan kecil yang dinaikinya saat menuju kapal.

Di perjalanan pulang menuju kampungnya, ia menawarkan ikannya kepada orang-orang yang ia jumpai, ikan-ikannyapun berhasil ia jual. setiap harinya kadang ia dapat 5 Ribu, itupun tergantung sedikit banyaknya ikan yang ia dapat dan kalau ikan tidak terjual maka ia jadikan lauk untuk makan bersama keluarga.

Uang dari hasil jual ikan, ia tabung untuk membeli buku, bolpoin, penggaris dll. Selain meringankan beban orang tua, iapun sangat memberikan inspirasi bagi anak-anak.  Sungguh luar biasa yang dilakukan oleh Andre. (Win)

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment